Warga Kranji Buat Cinderamata Ondel-Ondel Betawi dari Botol Plastik Bekas | | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
UKM

Warga Kranji Buat Cinderamata Ondel-Ondel Betawi dari Botol Plastik Bekas

REVIEW, Bekasi – Berawal dari membantu meneruskan usaha orang tuanya yang memiliki sanggar ondel-ondel di Bekasi, membuat Euis, warga Kranji, Bekasi Barat, terinspirasi untuk memulai usaha di tahun 2016 yang tidak jauh hubungannya dengan sesuatu yang sudah lama identik dengan usaha keluarganya, yaitu ondel-ondel.

Ondel-ondel biasanya dibuat dalam ukuran besar dengan tinggi sekitar dua meter, ditangan Euis, boneka khas Betawi ini dibuat menjadi sebuah miniatur lucu dan unik. Salah satunya adalah ondel-ondel yang dibuat dari botol plastik bekas.

Botol yang digunakan pun tidak semua botol plastik bekas. Euis membuat ondel-ondel botol ini menjadi dua ukuran, yaitu ukuran sedang dan kecil. Ondel-onder yang berukuran sedang, dibuat dari botol plastik bekas minuman teh siap minum, dan botol bekas minuman fermentasi untuk ondel-ondel yang berukuran kecil.

“Awalnya kita menggunakan botol bekas air mineral, tapi tekstur botol air mineral kan biasanya letoy  dan lembek gitu ya, trus akhirnya kita pakai botol bekas teh merek ini karena kuat gitu botolnya”, jelas Euis kepada REVIEW.

Botol-botol yang akan dijadikan ondel-ondel buatannya didapatkannya dari sampah botol yang dikumpulkannya baik dari sisa-sisa acara maupun dari pengumpul. Tidak sedikit juga Euis mendapatkan botol bekas dari tetangga-tetangganya.

Semua botol yang telah terkumpul, dipilih dan dibersihkan kemudian mulai dirubah menjadi sepasang miniatur onde-ondel Betawi. Dibantu suami dan anaknya, Euis membuat semua komponen mulai dari kerangka badan, cat, hingga baju dan aksesoris ondel-ondel botol secara sederhana.

“Untuk bahan baju dan kain-kain lainnya itu saya pakai dari sisa potongan kain untuk ondel-ondel besar, yang kebetulan juga suami yang buat”, lanjut Euis.

Untuk sepasang ondel-ondel botol ukuran kecil dibanderol dengan harga Rp25.000, dan Rp50.000 untuk ondel-ondel ukuran botol sedang.

Tidak hanya dari botol bekas, Euis juga membuat miniatur ondel-ondel dari bahan lainnya seperti gypsum, resin dan kayu. Selain ondel-ondel, Gallery Irma Irama milik Euis ini juga menjual berbagai oleh-oleh khas Betawi seperti gantungan kunci ondel-ondel, bantal, mug, miniatur rumah Betawi hingga miniatur Bang Bek dan Mpok Asih ikon kota Bekasi .

Meski pada awalnya hanya Euis hanya melakukan promosi di sosial media. Kini cinderamata Betawi buatan Euis sudah sering digunakan sebagai bingkisan untuk acara-acara dinas di Kota Bekasi, dan banyak diburu untuk dijadikan souvenir pernikahan ataupun pesta.

Gallery Irma Irama ini juga baru membuka kios di sentra UMKM De’Bhagasasi, Pasar Proyek Trade Center Lt 2, sejak Agustus 2019 lalu.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top