Terjadi 244 Gempa Hembusan, Status Gunung Slamet Waspada | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Nasional

Terjadi 244 Hembusan, Status Gunung Slamet Waspada

foto: twitter/ VolcanoYT

REVIEW, Pemalang—Aktivitas Gunung Slamet di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah meningkat setelah pada Senin (12/8/2019) pagi terjadi hembusan sebanyak 244 kali dengan amplitudo 2-20 milimeter (mm) dan durasi 15-60 detik. Sementara gempa tremor terekam 0,5-3 mm, dominan 2 mm.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sukedi mengatakan ada peningkatan gempa tremor dan hembusan yang terjadi sejak pukul 00-06.00 WIB.

Saat ini, status Gunung Slamet masih pada level II atau Waspada. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tetap merekomendasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di radius 2 kilometer (km) dari puncak gunung. Seluruh jalur pendakian juga sudah ditutup.

“Jalur pendakian sudah ditutup, petani dan warga masih boleh beraktivitas seperti biasa, namun tetap diminta waspada dan tidak boleh naik di radius 2 Km dari puncak,” kata Sukedi, Senin (12/8/2019).

Dari pemantauan di pos pengamatan Gunung Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Pemalang aktivitas gunung itu bisa diamati dengan jelas di jarak 5 Km karena cuaca cerah. (des)




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top