Teman Sehat: Aplikasi Pengamanan Covid-19 & Tes Kesehatan | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Gadget & Elektronik

Teman Sehat: Aplikasi Pengamanan Covid-19 & Tes Kesehatan

REVIEW, Bekasi – Sebagai usaha menghadapi penyebaran virus COVID-19, Perusahaan teknologi finansial Achiko, meluncurkan sebuah platform ekosistem digital yang disebut Teman Sehat.

Teman Sehat adalah sebuah ekosistem digital berbasis aplikasi yang menggabungkan Contact Tracing (Penelusuran Kontak), Pengujian juga Pembayaran. Fitur Penelusuran Kontak ini mencatat interaksi warga di mana pun mereka aktif selama periode Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Kenapa kita sebut ‘ekosistem’ karena Teman Sehat ini tidak hanya tersedia satu aplikasi, melainkan ada tiga aplikasi. Pertama itu Teman Sehat untuk pengguna, kedua Teman Sehat untuk mitra kesehatan, ketiga Teman Sehat untuk mitra bisnis”, jelas Zyska, Kepala Bagian Penerapan dan Pengembangan Teman Sehat, kepada Review Bekasi, Kamis (1/10/2020).

Keberadaan tiga jenis aplikasi Teman Sehat ini diharapkan akan menciptakan ekosistem yang bisa dijadikan suatu pengamanan bagi masyarakat dalam mempersempit penyebaran Covid-19.

Platform berbasis aplikasi pada ponsel ini resmi diluncurkan sejak Juli 2020 di Pekanbaru, Riau, sebagai kota pertama yang berkolaborasi dengan Achiko. Dan kini Teman Sehat siap berkolaborasi dengan kota-kota lain di Indonesia, termasuk Kota Bekasi.

“Untuk Bekasi kita sudah hadir di Mega Bekasi Hypermall dan sedang proses untuk lokasi-lokasi lain,” imbuhnya.

Zyska menyebut bahwa aplikasi Teman Sehat berbeda dengan aplikasi lainnya, karena berfokus pada orang yang sehat dengan mengumpulkan data pengguna yang sehat lewat konfirmasi kesehatan pada aplikasi.

“adanya Teman Sehat ini kami ingin fokus mendata zona hijau, dan menyebarkan berita positif ke masyarakat dengan memberitakan berapa ribu orang yang sudah melakukan tes dan terkonfirmasi sehat dan di mana saja areanya, sehingga masyarakat tetap bisa beraktifitas tapi tetap dengan menjaga protokol kesehatan,”lanjutnya.

Pengguna aplikasi Teman Sehat, cukup melakukan check-in pada aplikasi dengan mengisi data melalui QR Code saat mengunjungi tempat umum. Saat muncul konfirmasi kasus Coid-19, pengguna dan lokasi akan menerima pemberitahuan untuk melakukan konfirmasi kesehatan terkait Covid-19 atau perintah untuk karantina mandiri.

Nantinya informasi tersebut akan diteruskan ke fasilitas kesehatan dan pengguna akan diberitahukan langkah selanjutnya untuk melakukan tes covid-19, kemudian hasil tes akan diupdate langsung ke akun Teman Sehat pengguna dalam bentuk digital sertifikat, jika hasil negatif, status pengguna akan menjadi hijau dengan keterangan aman untuk berpergian. (dtr)




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top