PMR SDN Malaka Jaya 05 dan PMI Ajak Siswa Mengenal dan Antisipasi Bencana | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Komunitas

PMR SD N Malaka Jaya 05 dan PMI Ajak Siswa Mengenal dan Antisipasi Bencana

REVIEW, Bekasi—Sejumlah murid SD Negeri Malaka Jaya 05 Jakarta Timur yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) memberi pelatihan pertolongan pertama dan antisipasi bencana khususnya gempa dan kebakaran kepada teman-teman sebaya.

Upaya ini dilakukan agar murid SD bisa cepat tanggap jika sewaktu-waktu terjadi bencana di sekolah atau di rumah.

Staff PMR dan Relawan Jakarta Timur, Suheri yang menjadi pendamping siswa PMR SD Malaka Jaya 05 Jakarta Timur mengatakan pertolongan pertama dan pemahaman bencana bagi anak-anak sangat penting untuk dikenalkan sejak dini.

Sebab, sewaktu-waktu terjadi bencana, anak-anak bisa langsung melakukan upaya untuk menyelamatkan diri dan bagaimana melakukan pertolongan pertama.

“Minimal murid-murid SD ini paham, apa yang harus mereka lakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” jelas Suheri, saat acara Sosialisasi dan Edukasi Anak Siaga Hansaplast bekerjasama dengan PMI di SD N Malaka 05, Jakarta Timur, Senin (5/8/2019).

Murid SD Malaka Jaya 05 Jakarta Timur berlatih pertolongan pertama dan antisipasi bencana di salah satu ruangan SD Malaka Jaya 05.

Pelatihan pertolongan pertama ini dilakukan secara langsung oleh siswa yang tergabung dalam PMR SD N Malaka Jaya 05 kepada siswa lain agar pendekatan materi yang disampaikan seperti pertolongan pertama dan pemahaman terhadap bencana lebih mudah dicerna.

“Kita memberi pelatihan kepada siswa yang tergabung dalam PMR, kemudian mereka menjadi trainer untuk teman-temannya. Cara ini lebih mudah diterima karena mereka teman sebaya,” tambah Suheri.

Suheri menambahkan, bencana kebakaran atau gempa bisa terjadi sewaktu-waktu. Apalagi wilayah Indonesia merupakan jalur rawan gempa. Dengan pelatihan ini, akan menciptakan kondisi dimana siswa tidak akan panik jika terjadi bencana. Misal terjadi gempa, murid-murid bisa langsung tahu cara untuk berlindung dibawah meja, menghindari kaca dan jika gempa sudah berhenti baru melakukan evakuasi,

“Anak-anak PMR ini bisa menjadi leader bagi teman-temannya dibantu oleh guru kelas jika terjadi bencana,” terangnya.

Trainers dari Palang Merah Remaja (PMR) SD Malaka Jaya 05 berpose bersama usai memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pertolongan pertama dan bencana kepada teman sebayanya di SD Malaka Jaya 05 Jakarta Timur, Senin (5/8/2019)

Salah satu orang tua siswa, Adhis mengaku sosialisasi dan edukasi terhadap bencana sangat berguna untuk menambah pengetahuan anak. Apalagi edukasi terhadap upaya evakuasi jika terjadi gempa bumi.

Sebab, saat ini hampir seluruh gedung di Jakarta berlantai empat dengan total kelas mencapai belasan. Bukan mustahil jika kejadian gempa bumi seperti yang terjadi di Banten terjadi saat jam-jam sekolah.

“Jika terjadi gempa, minimal anak-anak ini tidak panik dan paham bagaimana cara menyelamatkan diri,” ujarnya.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top