Pemkot Bekasi Keluarkan Surat Edaran Pencegahan Virus Corona | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

Pemkot Bekasi Keluarkan Surat Edaran Pencegahan Virus Corona

REVIEW,Bekasi—Pemkot Bekasi melalui Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengeluarkan surat edaran tentang pemberitahuan, kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran  penyakit Pneumonia Berat yang disebabkan oleh virus corona.

Kepala Bagian Humas Kota Bekasi Sajekti Rubiyah mengatakan edaran tersebut sebagai antisipasi dan kewaspadaan dini menularnya penyakit tersebut di Kota Bekasi.

“Surat ini berdasar adanya surat Dinas Kesehatan Jawat Barat nomor 443/326-P2P tanggal 14 Januari 2020 tentang kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia berat yang belum diketahui etiologinya,” ungkap Kabag Humas Sajekti, Jumat, (24/1/2020).

Dalam edaran tersebut, terdapat empat poin yang harus dilakukan RS dan Puskesmas se-Kota Kota Bekasi.

Pertama, agar seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Bekasi untuk melakukan deteksi, pencegahan dan respon dan antisipasi munculnya kasus-kasus dengan gejala Pneumonia berat dengan etiologi tidak jelas seperti  di Tiongkok yang berobat di fasyankes pemerintah dan swasta di Kota Bekasi. Baik di faskes primer maupun fasyankes rujukan

Kedua, jika ditemukan kasus seperti fasyankes agar dilakukan tatalaksana, isolasi dan segera dilaporkan secara berjenjang sesuai dengan sistem surveilans kesehatan yang berlaku di Dinkes Kota Bekasi untuk diteruskan ke Dinkes Provinsi Jawa Barat dan Ditjen P2P Kemenkes.

Poin ketiga, jika ditemukan kelompok atau kluster dan kasus-kasus tersebut di wilayah kerja RS dan Puskesmas Se-Kota Bekasi agar dilakukan investigasi dan penaggulangan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut dan agar tidak meluas menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Poin keempat, agar seluruh jajaran fasyankes memantau perkembangan kasus-kasus Pneumonia berat yang belum diketahui etiologinya ini melalui media mainstream dan media online untuk dapat melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Seperti diketahui, virus corona telah menjadi wabah yang patut diwaspadai. Meski di Indonesia penyebaran virus corona belum terdeteksi, namun penyakit dengan gejala mirip SARS ini hingga saat ini belum ditemukan obatnya.

Virus Corona pertama kali menyebar di Wuhan Tiongkok akhir Desember 2019. Puluhan orang sudah terjangkit virus corona yang menyebabkan 25 orang meninggal dunia. Atas kejadian ini, Kota Wuhan terisolasi dan telah dilakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak dengan kasus ini. (blu)




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top