Pemerintah Umumkan 23 Orang Diduga Suspect Corona di Indonesia | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Nasional

Pemerintah Umumkan 23 Orang Diduga Suspect Corona di Indonesia

Achmad Yurianto. foto: Setkab.go.id (PR/ Jay)

REVIEW, Bekasi—Pemerintah Indonesia mengumumkan 23 orang diduga terjangkit atau suspect virus corona. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (COVID-19) Achmad Yurianto mengatakan hingga Minggu (8/3/2020) sudah 4 orang positif virus corona, sementara 23 orang suspect virus corona.

Sebelumnya, pada Sabtu (7/3/2020) pemerintah mengumumkan hanya 11 orang yang terjangkit. Penambahan orang yang terjangkit secara cepat membuat penanganan terhadap virus corona terus diintensifkan.

“Kita tahu kemarin ada empat yang terkonfirmasi positif dan 23 yang masih suspect,” ujar Yurianto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Menurut Yurianto, pemeriksaan terhadap orang yang terjangkit terus dilakukan secara komprehensif. Pemerintah melakuan pemeriksaan secara ketat. Jika masih ada tanda klinis seperti batuk dan demam, meskipun hasil pemeriksaan pertama menunjukkan negatif maka tidak dapat serta merta suspect tersebut diklasifikasikan sebagai negatif COVID-19.

“Kita lakukan pemeriksaan berulang-ulang. Seminggu, tujuh kali pemeriksaan,” ujar Yurianto.

Hal ini dilakukan karena laporan rumah sakit di luar negeri melakukan hal yang serupa. Bahkan, pada pemeriksaan pertama bisa saja pasien negatif, namun pada pemeriksaan keenam, ketujuh bahkan kedelapan, berubah menjadi positif COVID-19.

“Meski negatif, kita tidak serta merta membolehkan pasien untuk pulang. Karena gejala klinis masih ada. Jadi 23 pasien suspect ini masih kita tahan di RS untuk kita observasi lebih lanjut,” jelas Yurianto.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top