Mengenali Buah Kurma dan Manfaatnya | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Makanan

Mengenali Buah Kurma dan Manfaatnya

foto: istimewa

REVIEW, Bekasi – Buah Kurma merupakan buah yang sangat melekat saat bulan Ramadhan tiba. Di Timur Tengah, kurma tidak hanya dimakan saat bulan puasa. Namun, kurma sudah menjad makanan sehari-hari selama ribuan tahun.

Pohon kurma berasal dari sekitar Teluk Persia dan sudah dibudidayakan sejak sekitar 4000 SM. Setelah itu, bangsa Arab menyebarkan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian Utara Afrika, Spanyol, dan Italia. Lalu pada tahun1784, bangsa Spanyol memperkenalkan kurma di Mexico dan California.

Pohon kurma termasuk tanaman berumah dua atau dioecious. Selain enak dimakan buah kurma juga punya banyak manfaat kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan pencernaan, jantung dan tulang.

Buah kurma juga mengandung gula alami yang bisa meningkatkan energi. Selain itu, biji kurma bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dan olahan kopi. Minyaknya bisa diolah menjadi pelengkap sabun. Tandan buahnya bisa dijadikan sapu. Getahnya diolah menjadi sirup, dan daunnya bisa dijadikan tikar atau kerajinan lainnya.

Tingkat kematangan kurma dibagi menjadi 4 dalam bahasa Arab. Kimri yaitu kurma muda. Khalal, kurma berukuran penuh. Rutab, yaitu kurma matang lembut. Dan Tamr, kurma matang, dikeringkan dengan bantuan matahari.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top