Kontroversi Pernyataan Agnez Mo, Siapa Sih Keturunan Asli Orang Berdarah Indonesia? | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Seleb & Sosialita

Kontroversi Pernyataan Agnez Mo, Siapa Sih Keturunan Asli Orang Berdarah Indonesia?

foto : Istimewa

REVIEW, Bekasi – Agnesz Mo tengah menjadi perbincangan lantaran salah satu pernyataannya yang menyebutkan bahwa dia bukan keturunan Indonesia. Pernyataan tersebut memancing beragam reaksi dari para Netizen, ada yang kontra namun tidak sedikit yang mendukung dan setuju dengan pernyataan tersebut.

Bahkan setelah Agnes melakukan klarifikasi mengenai pernyataan kontroversialnya tersebut, tetap saja hal tersebut masih membuat Agnez menjadi bulan-bulanan.

Tapi tahukah kalian bahwa sebelumnya telah ada penelitian yang mengungkapkan asal usul dari siapa orang asli Indonesia sebenarnya.

Melansir Kompas.com (17/10/2019), Tes DNA dengan 16 responden acak orang Indonesia yang dilaksanakan oleh majalah sejarah online Historia.id dalam Proyek DNA Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli mengungkapkan bahwa ternyata, tidak ada yang dinamakan manusia pribumi atau asli Indonesia.

Proyek DNA ini bertujuan untuk memberikan informasi asal-usul orang Indonesia sesungguhnya.

Sejalan dengan penelitian tersebut, menurut Deputi Penelitian Fundamental Eijkman Institute Herawati Sudoyo seperti yang dikutip dari Tempo, seluruh suku yang ada di Indonesia tidak ada yang murni asli Indonesia. “Jadi moyang kita itu dulunya semua dari Afrika, lalu dia itu mengembara dan bertemu dengan cuaca, bencana dan sebagainya di situlah DNA berubah,” kata Herawati dalam acara Pameran Asal-usul Orang Indonesia di Museum Nasional, 15 Oktober 2019.

Menurut Herawati, apa yang dibicarakan mengenai asal-usul seseorang itu keluar dari DNA yang tidak bisa diubah. “DNA itu menceritakan hidup kita, memberikan informasi siapa sih identitas kita ini. Dan DNA tidak berubah sepanjang masa, jadi mau diambil dari bayi, atau diambil sekarang itu sama. Kita tidak bisa berbohong dengan DNA kita,” ujar Herawati.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top