Awas, Peretas Rusia dan Cina Serbu Basis Data KPU | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Pemilu 2019

Awas, Peretas Rusia dan Cina Serbu Basis Data KPU

foto: ilustrasi

REVIEW, Jakarta—Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku kerap mendapat serangan siber dari sejumlah hacker (peretas) dari luar negeri. Peretas tersebut diyakini berasal dari China dan Rusia.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan tak hanya dalam hitungan hari, peretas-peretas tersebut mencoba masuk sistem IT di KPU dalam hitungan jam. “Mereka mencoba masuk ke sistem kami, bukan dalam hitungan hari, tapi hampir setiap jam,”ujar Arief Budiman, Rabu (14/3).

Menurut Arief, gelombang serangan siber tersebut diduga untuk mengacaukan proses pemilu. Mereka diduga akan melakukan manipulasi dan modifikasi konten guna menciptakan apa yang disebut pemilih hantu, atau identitas pemilih palsu.

“Perilaku pemilih bisa mereka ubah dengan melegitimasi penyelenggara pemilu,”tambahnya seperti dilansir Bloomberg.

Dari sejumlah serangan siber tersebut, IP peretas kebanyakan berasal dari China dan Rusia. Arief belum mengetahui apakah peretas tersebut bertindak atas nama pribadi, dari negara bersangkutan untuk mengacaukan pemilu di Indonesia atau justru dari kandidat calon presiden.

Sementara itu otoritas China langsung melakukan klarifikasi terkait dengan serangan hacker yang menyerbu sistem KPU. Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan menyebut negaranya tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri negara lain. Pemerintah China juga dengan tegas mengklaim menentang aksi peretasan.

Sebelumnya Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi sudah mengantisipasi akan adanya serangan siber yang meningkat menjelang pemilu serentak. Menurut Djoko, BSSN mencatat terdapat sebanyak 207,9 juta serangan siber di Indonesia yang terjadi selama Januari hingga Oktober 2018.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top