Antisipasi Corona, Sekolah Boleh Liburkan Siswanya? | | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Nasional

Antisipasi Corona, Sekolah Boleh Liburkan Siswanya?

http://reviewbekasi.com/wp-content/uploads/2018/07/sekolah-smp.jpg

REVIEW, Bekasi—Penyebaran virus corona dan informasi warga Depok positif virus corona membuat orang tua siswa khawatir dengan penyebaran virus di sekolah. Menanggapi persoalan ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini sedang membuat draft terkait persyaratan libur sekolah untuk mengurangi dampak virus corona.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana mengatakan, sekolah bisa saja meliburkan siswanya untuk mengurangi resiko penularan virus corona. Namun, sekolah wajib untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dinas Pendidikan setempat.

“Setiap sekolah yang mau meliburkan sekolahnya, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dinas pendidikan dan dinas kesehatan setempat agar tidak menimbulkan kepanikan,” ujar Ade di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Selain itu, yang perlu dipertimbangkan adalah aspek kesehatan dan dampaknya terhadap orang tua, peserta didik, guru, dan lingkungan di sekitar sekolah.

Ade menambahkan saat ini, Kemendikbud sedang merancang surat edaran pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 di lingkungan sekolah. “Surat edarannya sedang dirancang. Baru draft,” terang dia.

Sebelumnya, satu sekolah internasional di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, meliburkan kegiatan belajarnya dikarenakan seorang tenaga pengajarnya diduga suspect virus Covid-19.  Apalagi pemerintah sudah menginformasikan bahwa dua warga Depok positif terinfeksi virus Covid-19.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih dalam siaran persnya mendesak Kemendikbud untuk menerbitkan aturan sebagai pedoman prosedur pencegahan dan penanganan bagi seluruhi institusi pendidikan, mulai dari sekolah formal-informal hingga perguruan tinggi untuk menghadapi wabah virus corona (Covid-19) yang sudah masuk ke Tanah Air.  Menurut Fikri, pusat-pusat keramaian, terutama institusi pendidikan merupakan salah satu episentrum penyebaran virus corona. (des)




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top