AIESEC Virtual Impact Circle 2020 Beri Edukasi Soal Peningkatan Skill Ditengah New Normal | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Komunitas

AIESEC Virtual Impact Circle 2020 Beri Edukasi Soal Peningkatan Skill Ditengah New Normal

REVIEW, Bekasi–Virtual Impact Circle 2020 yang digelar AIESEC di President University mendapat respons positif dari 110 partisipan yang hadir.

AIESEC di President University mengangkat tema “The New Normal: Optimizing Professional Skills at Home”, berdasarkan SDG 8 yaitu Decent Work and Economic Growth. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap partisipan bagaimana mengoptimalkan dan meningkatkan keterampilan walaupun hanya di rumah saja.

AIESEC in President University mengundang pembicara yang memiliki pengalaman dalam bidang professional keterampilan dan skills diantaranya, Annisa Ainina Novara (Educational Content Management at Skill Academy), Viranda Agus Wijayanti (LCVP OGE of AIESEC in President University 2020/2021), dan Lulus Kurniawan (Founder of Qlausa and Braitwan).

Viranda Agus Wijayanti dalam materinya mengatakan pada tahun 2020, secara substansil mengurangi proporsi usia muda yang tidak bekerja, tidak berpendidikan atau terlatih. Dia menceritakan pengelaman awal perjuangannya dalam menempuh Pendidikan untuk mendapatkan sekolah yang layak serta berkualitas. Namun, kegagalan selalu datang kepada seperti gagal untuk lulus SNMPTN dan SBM dan lainnya.

Viranda pun membagikan pengalamannya di AIESEC dan sadar betapa pentingnya skill dan keahlian professional bagi pemuda dan belajar untuk tidak hanya focus terhadap hal akademik saja. Viranda juga memberikan motivasi kepada participants yang hadir bahwa kegagalan seseorang merupakan awal batu loncatan dan jangan pernah putus asa untuk mencoba lagi dan mengubah pola pikir untuk berkembang, tidak hanya secara akademik saja namun juga dalam segi professional skills dan life skills secara umum.

Sementara, Annisa Ainina Novara menjelaskan beberapa kategori tentang Skills, diantaranya; Fakta pekerjaan dan skills apa yang sedang diminati dalam dunia kerja saat ini. Berdasarkan fakta saat ini adalah seluruh dunia sedang menghadapi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, dimana sebelumnya target pada tahun 2020 telah direncanakan dalam program pembangunan ingin mengurangi proporsi pemuda yang tidak bekerja, berpendidikan dan pelatihan berdasarkan SDG no 8 point 6.

Selanjutnya, Annisa menjelaskan tentang fakta pekerjaan dan tenaga kerja, bahwa dari 136 juta tenaga kerja dan 58% lulusan sekolah, sebanyak 50% tidak cocok dengan pekerjaannya dan skills mereka sedangkan sisa nya menemukan pekerjaan yang cocok dengan skilss mereka.

Menurutnya, diperlukannya skills yang beragam atau keahlian khusus pada diri kita dikarenakan persaingan dalam mencari pekerjaan dalam situasi seperti ini sangatlah sulit dan diperlukan untuk kita sebagai pemuda memiliki soft skills dan hard skills. Kemudian, skills yang sedang diminati dan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan antara lain; Creativity, Communication Skills, Content Marketing, Financial Planning, Analytical Reasoning, dan Digital Marketing.

Sedangkan Lulus Kurniawan menceritakan sedikit pengalamannya dalam mengembangkan Soft Skills dan Hard Skills. Menurut Lulus Kurniawan, dalam memperoleh Soft Skills dan Hard Skills dapat kita raih dengan mengikuti berbagai pengalaman baik organisasi ataupun ekskul.

Lulus juga menjelaskan bahwa untuk mencari pekerjaan saat ini sangat sulit sehingga diperlukannya seseorang yang dapat berkompeten dan bersaing di dalam bidangnya. Lulus Kurniawan menjelaskan bahwa Soft Skills dan Hard Skills adalah modal penting sebagai pemuda untuk mendapatkan pekerjaan yang berkualitas dan layak maka harus dikembangkan oleh pemuda sejak dini. (dtr)




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top